Tokoh Ternama Dalam Hidupku (Surat Untuk Dewi ‘Dee’ Lestari)

Untuk Blog Contest Mizan.com

Sejujurnya, saya belum mengenal dekat Mbak Dewi hingga muncul lomba “Surat untuk Dewi” yang diadakan oleh Mizan. Saya sudah sering mendengar nama Mbak melalui novel Mbak yang terkenal, Supernova, walaupun ketika itu saya tidak begitu concern dengan pengarangnya. Namun begitu saya membaca pengumuman mengenai lomba ini, saya jadi tertarik dengan Mbak, dan berusaha mencari artikel tentang Mbak, apa sih keunggulan Mbak sampai-sampai ada lomba dimana nama Mbak Dewi menjadi fokus utamanya. Media pencarian utama saya, tentu menggunakan internet, yaitu melalui situs ensiklopedia yang paling objektif (menurut saya yah), yaitu wikipedia. Dan ternyata nama Mbak memang ada. Begitu saya membaca artikel di sana, saya mendadak sangat kagum dengan Mbak (dan sedikit envy tentunya :D). Selain aktif dalam menulis novel, Mbak Dewi juga hebat dalam menyanyi dan menulis lagu. Sesuatu yang tidak pernah saya sadari!! Saya tau bahwa yang mengarang novel legendaris “Supernova”, dan mennyanyikan lagu “Malaikat juga Tahu” yang sangat saya sukai adalah Dewi. Tapi kukira itu Dewi yang berbeda, karena memang banyak nama orang yang sama. Ternyata Dewi-Dewi itu satu orang, yaitu Anda!!

Sebenarnya saya termasuk orang yang hobi dalam membaca kisah-kisah orang ternama, baik itu ilmuwan, pengausaha, sastrawan, jendral pertempuran, sampai politisi. Saya mulai membaca biografi tokoh-tokoh itu semenjak SD kelas 4. Beberapa yang saya baca antara lain Alexander Fleming, Thomas Alfa Edison, Galileo Galilei, Issaac Newton, Matsushita Konosuke, Erich Von Manstein, dan sebagainya. Kini bagi saya Mbak termasuk salah satu dari mereka. Bagian dari tokoh-tokoh yang paling saya kagumi dalam hidup saya.

Baiklah saya mau cerita sedikit mengenai tanggapan saya untuk salah satu karya fenomenal Mbak, yaitu Supernova.
Pertama kali saya mendengar kata-kata Supernova adalah ketika saya duduk di 6 SD, kira-kira tahun 1996. Saat itu saya gemar membaca biografi berbagai orang terkenal sebagaimana yang telah saya tulis sebelumnya. Kata Supernova muncul pertama kali dalam hidup saya ketika membaca biografi galileo Galilei. Ketika itu Ia melihat sebuah cahaya yang intensitasnya lebih tinggi dan ukuran lebih besar dibanding cahaya-cahaya sekitarnya. Cahaya-cahaya di sekitarnya adalah cahaya bintang. Cahaya dengan intensitas tinggi itu muncul lebih dari 3 hari sebelum akhirnya hilang. Menurut beliau (Galileo-red) itu adalah Supernova, yaitu bintang meledak.

Ketika akan membaca novel Anda, tentu yang muncul dalam pikiran saya, ini pastilah novel ilmiah yang menjelaskan teka-teki alam semesta seperti “Riwayat Sang Kala” atau “Baby Universe”. Keduanya karya Stephen Hawking. Tak disangka ternyata ini novel Romann!!! Saya tersadar bahwa betapa polosnya saya. Ternyata tidak semua kata beraroma sains hanya dipakai dalam sains itu saja. Bisa juga dipakai dalam bidang lain seperti sastra, matematik, atau bahkan ekonomi untuk konteks yang sama sekali berbeda, sehingga sajian bisa tampil lebih menarik. Namun bagaimanapun juga harus kuakui, kisah dalam novel tersebut sangat menarik.

Penggunaan judul beraroma sains yang dianalogikan dengan sebuah kasus dalam novel terlihat sangat menakjubkan, sehingga membuat para pembaca penasaran dengan kata tersebut dan berusaha untuk mencari lebih jauh tentang definisinya. Contohnya Supernova, yang dianalogikan sebagai bintang jatuh dalam novel . Tentu pembaca penasaran, sebenarnya Supernova itu apa, dan berusaha mencarinya di berbagai literatur. Dengan demikian pencerdasan kehidupan bangsa dapat dilakukan dengan alami dan bahkan bisa menjadi hobi bagi orang-orang untuk menggali pengetahuan lebih dalam mengenai sains tersebut.

Oke mbak, saya menunggu karya-karya aroma sains lain dari Mbak. Tetap semangat menulis, saya akan selalu memantau tulisan Mbak!!😀

Dari : Priadhana Edi Kresnha Untuk : Mizan.com

Leave a Reply

